0

RPP FIQIH

Posted by Unknown on 23.39 in


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan     :
Mata Pelajaran          : FIQIH
Kelas/Semester          : I / I
Materi Pokok             : ALLAH Mencintai yang Suci
Alokasi Waktu           : 3 x 35 menit

A.     Kompetensi Inti
KI- 1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI- 2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI- 3Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI- 4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
1.3           Menyadari manfaat dan hikmah bersuci dari hadas dan najis.
2.3           Membiasakan bersuci dari hadas dan najis
3.3           Memahami kaifiyah bersuci dari hadas dan najis
4.3           Mensimulasikan tata cara bersuci dari hadas dan najis

C.     Indikator
1.       Membiasakan hidup bersih dari najis
2.       Membiasakan melaksanakan tata cara bersuci dari hadas dan najis yang benar.
3.       Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas dan najis
4.       Mempraktekan tata cara bersuci dari hadas dan najis

D.    Materi Pembelajaran


·        Arti thaharah
·        macam-macam najis
·        tata cara bersuci
·        hikmah dan manfaat bersuci


E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan : scientific (memahami dan mengamati)
2.      Strategi                   : 
1)      Snowball throwing
Adalah stategi pembelajaran dengan lemparan pertanyaan dengan menggunakan kertas berisi pertanyaan yang diremas menjadi sebuah bola kertas, kemudian dilemparkan kepada satu siswa ke siswa lain. Siswa yang menerima bola kertas lalu membuka dan menjawab pertanyaannya.
2)      True or false
Adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan kartu yang berisi pernyataan-pernyataan benar dan salah yang diberikan kepada masing-masing siswa untuk dijawabnya.
3.      Model        : pembelajaran langsung
4.      Metode      : penugasan, Tanya jwab, ceramah.

F.      Media dan  Sumber Belajar
Media                          : slide video , papan tulis, gambar, kartu.
Sumber belajar : buku guru dan buku siswa kurikulum 2013.

G.    Kegiatan
1.      Pertemuan kesatu
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·        Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
·        Guru memeriksa kehadiran siswa
·        Guru bersama dengan siswa bernyanyi lagu “bangun tidur”.
·        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
5 menit
Inti
·        Siswa  mengamati video tentang  anak yang sedang berwudlu
·        Siswa menyampaikan pendapatnya tentang video
·        Siswa  mengamati video kembali tentang pakaian yang bersih dari najis
·        Siswa menyampaikan pendapatnya tentang video
·        Guru memberikan penguatan dan penjelasan dari setiap pendapat peserta didik.
·        Guru memberikan penjelasan dan penguatan dari pengertian thaharah dan macam-macam najis.
·        Siswa mengamati gambar macam-macam najis.
·        Siswa  mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
20 menit
Penutup
·        siswa membuat kesimpulan tentang arti thaharah macam-macam najis.
·        siswa menerapkan materi pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing agar dapat terhindar dari najis.
·        Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama
10 menit

2.      Pertemuan Kedua
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·        Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
·        Guru memeriksa kehadiran siswa
·        Guru memberikan apersepsi untuk memberikan semangat siswa dalam menerima pelajaran
·        Guru sekilas mengulang materi yang lalu
·        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
5 menit
Inti
·        Siswa mengamati video tentang  anak yang akan masuk ke kamar mandi
·        Siswa menyampaikan pendapatnya tentang video tersebut
·        Guru memberikan penjelasan tambahan tentang video tersebut.
·        Guru memberikan penjelasan hal-hal yang dilarang dilakukan saat buang air, tata cara buang air di kamar mandi dan perbuatan yang dilarang di dalam kamar mandi.
·        Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa dengan cara snowball throwing
·        Guru memberikan penjelasan tambahan kepada siswa terkait dengan pertanyaan yang sudah dijawab siswa
25 menit
Penutup
·        siswa membuat kesimpulan tentang tata cara bersuci.
·        siswa menerapkan materi pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing agar dapat terhindar dari najis.
·        Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama
10    enit


3.      Pertemuan Ketiga
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·        Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
·        Guru memeriksa kehadiran siswa
·        Guru memberikan apersepsi untuk memberikan semangat siswa dalam menerima pelajaran
·        Guru sekilas mengulang materi yang lalu
·        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
5 menit
Inti
·        siswa mengamati video tentang hidup bersih pada zaman Rasululloh
·        Siswa menyampaikan pendapatnya tentang video tersebut
·        Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terkait dengan pendapat yang telah disampaikan oleh siswa tentang video tersebut
·        Guru memberikan beberapa kertas kepada siswa yang berisi pernyataan tentang hikmah dan manfaat hidup bersih
·        Siswa memberikan label “T” pada pernyataan yang benar dan label “F” pada pernyataan yang salah.
·        Siswa menyampaikan hasil dari pekerjaanyya tentang pernyataan yang diberikan oleh guru
·        Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terkait dengan jawaban siswa
25 menit
Penutup
·        siswa membuat kesimpulan tentang hikmah dan manfaat bersuci dari najis.
·        siswa menerapkan materi pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing agar dapat terhindar dari najis.
·        Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama
10 menit











H.    Penilaian
1)      Skala sikap
Penilaian ini diambil dari penilaian diri dengan memberi tanda ceklis pada kolom “ya” atau “tidak”

Berilah tanda ceklis (√) pada kolom “ya” atau “tidak”
No
Kegiatan
Ya
Tidak
1
Aku buang air di parit


2
Aku mandi dahulu sebelum berangkat sekolah


3
Aku suka bermain di tempat kotor


4
Aku senang pakaianku bersih dan rapi



2)      Skor penilaian

no
aspek
skor
nilai
1
2
3
4
1
Penguasaanmateri





2
Penguasaan nilai-nilai





3
Keaktifan





4
kesantunan





Keterangan nilai
Membudaya               : 14 -16
Mulai berkembang    : 11 -13
Mulai terlihat             : 7 - 10
Belum terlihat : 4 - 6

 

Catatan : skor
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Sedang
1 = Kurang baik


Nilai = Skor perolehan    X   100
            Skor maksimal

 
 



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                  Mapel Guru FIQIH


……………….                                                                                   ………………….

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Laila Blogs All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.