0
RPP FIQIH
Posted by Unknown
on
23.39
in
Agama
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : FIQIH
Kelas/Semester : I / I
Materi Pokok : ALLAH Mencintai yang Suci
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
A.
Kompetensi Inti
KI-
1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-
2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-
3Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
KI-
4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
1.3
Menyadari
manfaat dan hikmah bersuci dari hadas dan najis.
2.3
Membiasakan
bersuci dari hadas dan najis
3.3
Memahami
kaifiyah bersuci dari hadas dan najis
4.3
Mensimulasikan
tata cara bersuci dari hadas dan najis
C.
Indikator
1.
Membiasakan
hidup bersih dari najis
2.
Membiasakan melaksanakan tata cara bersuci
dari hadas dan najis yang benar.
3.
Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas dan
najis
4.
Mempraktekan tata cara bersuci dari hadas dan
najis
D.
Materi Pembelajaran
·
Arti
thaharah
·
macam-macam
najis
·
tata
cara bersuci
·
hikmah
dan manfaat bersuci
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : scientific
(memahami dan mengamati)
2.
Strategi :
1)
Snowball throwing
Adalah stategi
pembelajaran dengan lemparan pertanyaan dengan menggunakan kertas berisi
pertanyaan yang diremas menjadi sebuah bola kertas, kemudian dilemparkan kepada
satu siswa ke siswa lain. Siswa yang menerima bola kertas lalu membuka dan
menjawab pertanyaannya.
2)
True or false
Adalah strategi
pembelajaran dengan menggunakan kartu yang berisi pernyataan-pernyataan benar
dan salah yang diberikan kepada masing-masing siswa untuk dijawabnya.
3.
Model : pembelajaran langsung
4.
Metode : penugasan, Tanya jwab, ceramah.
F.
Media dan Sumber Belajar
Media :
slide video , papan tulis, gambar, kartu.
Sumber belajar :
buku guru dan buku siswa kurikulum 2013.
G.
Kegiatan
1.
Pertemuan kesatu
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
·
Guru
memeriksa kehadiran siswa
·
Guru
bersama dengan siswa bernyanyi lagu “bangun tidur”.
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
5
menit
|
Inti
|
·
Siswa
mengamati video tentang anak yang sedang berwudlu
·
Siswa
menyampaikan pendapatnya tentang video
·
Siswa
mengamati video kembali tentang
pakaian yang bersih dari najis
·
Siswa
menyampaikan pendapatnya tentang video
·
Guru
memberikan penguatan dan penjelasan dari setiap pendapat peserta didik.
·
Guru
memberikan penjelasan dan penguatan dari pengertian thaharah dan macam-macam
najis.
·
Siswa
mengamati gambar macam-macam najis.
·
Siswa mengemukakan pendapat tentang gambar
tersebut.
|
20
menit
|
Penutup
|
·
siswa
membuat kesimpulan tentang arti thaharah macam-macam najis.
·
siswa
menerapkan materi pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing agar
dapat terhindar dari najis.
·
Guru
menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama
|
10
menit
|
2.
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
·
Guru
memeriksa kehadiran siswa
·
Guru memberikan
apersepsi untuk memberikan semangat siswa dalam menerima pelajaran
·
Guru
sekilas mengulang materi yang lalu
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
5
menit
|
Inti
|
·
Siswa
mengamati video tentang anak yang akan
masuk ke kamar mandi
·
Siswa
menyampaikan pendapatnya tentang video tersebut
·
Guru
memberikan penjelasan tambahan tentang video tersebut.
·
Guru
memberikan penjelasan hal-hal yang dilarang dilakukan saat buang air, tata
cara buang air di kamar mandi dan perbuatan yang dilarang di dalam kamar
mandi.
·
Guru
memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa dengan cara snowball throwing
·
Guru
memberikan penjelasan tambahan kepada siswa terkait dengan pertanyaan yang
sudah dijawab siswa
|
25
menit
|
Penutup
|
·
siswa
membuat kesimpulan tentang tata cara bersuci.
·
siswa
menerapkan materi pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing agar
dapat terhindar dari najis.
·
Guru
menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama
|
10 enit
|
3.
Pertemuan Ketiga
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
·
Guru
memeriksa kehadiran siswa
·
Guru
memberikan apersepsi untuk memberikan semangat siswa dalam menerima pelajaran
·
Guru sekilas
mengulang materi yang lalu
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
5
menit
|
Inti
|
·
siswa
mengamati video tentang hidup bersih pada zaman Rasululloh
·
Siswa
menyampaikan pendapatnya tentang video tersebut
·
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terkait dengan pendapat yang
telah disampaikan oleh siswa tentang video tersebut
·
Guru
memberikan beberapa kertas kepada siswa yang berisi pernyataan tentang hikmah
dan manfaat hidup bersih
·
Siswa
memberikan label “T” pada pernyataan yang benar dan label “F” pada pernyataan
yang salah.
·
Siswa
menyampaikan hasil dari pekerjaanyya tentang pernyataan yang diberikan oleh
guru
·
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terkait dengan jawaban siswa
|
25
menit
|
Penutup
|
·
siswa
membuat kesimpulan tentang hikmah dan manfaat bersuci dari najis.
·
siswa
menerapkan materi pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing agar
dapat terhindar dari najis.
·
Guru
menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama
|
10
menit
|
H.
Penilaian
1)
Skala sikap
Penilaian ini diambil
dari penilaian diri dengan memberi tanda ceklis pada kolom “ya” atau “tidak”
Berilah
tanda ceklis (√) pada kolom “ya” atau “tidak”
|
|||
No
|
Kegiatan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Aku
buang air di parit
|
||
2
|
Aku
mandi dahulu sebelum berangkat sekolah
|
||
3
|
Aku
suka bermain di tempat kotor
|
||
4
|
Aku
senang pakaianku bersih dan rapi
|
2)
Skor
penilaian
no
|
aspek
|
skor
|
nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Penguasaanmateri
|
|||||
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|||||
3
|
Keaktifan
|
|||||
4
|
kesantunan
|
|
Catatan : skor
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Sedang
1 = Kurang baik
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Mapel
Guru FIQIH
………………. ………………….
Posting Komentar